Jumat, 16 November 2012

Teknologi E-Business

Penulis: Genanzar Novisasmita

  
                                    
Sebelum saya masuk ke teknologi yang biasa digunakan dalam E-Business, saya akan mereview sedikit tentang value chain. Karena ini sangat bergantung pada teknologi apa yang kita gunakan untuk value chain. Value chain itu sendiri adalah rantai nilai, bagaimana rantai itu bisa langsung tersalur dengan baik kepada pelanggan. Karena diusahakan rantai nilai tersebut tidak mudah terputus begitu saja. Jadi teknologi akan berperan bagaimana bisa memaksimalkan value chain tersebut.

Setelah munculnya banyak teknologi, E-Business pun ikut menjadi sangat bervariasi, termasuk dalam lingkup dan jenis aktivitas yang dilakukannya. Jika dilihat rantai nilai telah berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan internet dan teknologi saat ini. Ada juga perusahaan yang mengkususkan dirinya dalam bisnis to bisnis (B2B) dengan menyediakan layanan E-Bussines untuk fokus terhadap value chain.

Internet
Internet adalah teknologi yang sedang naik daun pada saat ini. Itu dilihat dari banyaknya orang yang mulai merambah bisnis ke internet. Penggunaan internet pun dari waktu ke waktu mulai terlihat meningkat. Dan ketika kita tau internet memiliki banyak peminat, bisnis pun bisa berjalan dan memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat sukses.

Aplikasi Web
Beberapa survei menujukan banyaknya penggunaan website pada saat ini untuk bisnis. Selain murah dan mudah, juga jangkauan pasar yang dimilikinya sangat luas. Resiko kerusakan pun sangat rendah untuk para pemula. Jadi kadang modal tidak terlalu berpengaruh atau tidak menjadi yang utama dalam membuka bisnis di internet menggunakan aplikasi web.

Kelebihan & Kekurangan Aplikasi Web

Kelebihan :
Dapat diakses kapanpun dan dari mana pun selama ada internet. Dapat diakses hanya dengan menggunakan web browser, tidak perlu menginstall aplikasi client khusus.

Kekurangan :
Antarmuka yang dapat dibuat terbatas sesuai spesifikasi standar untuk membuat dokumen web dan keterbatasan keampuan web browser untuk menampilkannya. Terbatas juga dengan kecepatan internet yang mungkin membuat respon aplikasi menjadi lambat.



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews