by: Genanzar Novisasmita
Masa depan manusia dan mesin
Pada
tahun 2020 istilah ‘antarmuka’ (interface) dan ‘pengguna’ (user) akan hilang di
saat komputer akan bergabung lebih erat dengan manusia. Ini adalah salah satu
perkiraan yang disebut dalam laporan yang disusun dengan bantuan Microsoft
berdasarkan pembahasan 45 akademisi dari berbagai bidang ilmu komputer, sosial,
sosiologi dan psikologi.
Laporan
tersebut memperkirakan perubahan mendasar dalam bidang yang disebut Interaksi
Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction atau HCI).
Maka
ditahun 2020 kegiatan manusia akan semakin menyatu dengan mesin, kata laporan
itu. Komputer akan dapat mengantisipasi apa yang diinginkan manusia, yang akan
membutuhkan panduan baru untuk mengatur hubungan manusia dengan mesin.
Salah
satu rekomendasi bagi arah Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction)
di masa depan, laporan itu mengusulkan dibutuhkan keterlibatan lebih besar
dengan pemerintah dan para pembuat kebijakan.
Sejak
adanya temuan-temuan yang dilakukan oleh para peneliti HCI tentang
fungsionalitas sistem, yakni “apa yang diketahui oleh pemakai tentang sistem
perangkat lunak komputer” dan usability sistem, yakni “apa yang harus dilakukan
oleh pemakaiterhadap sistem ” mendorong perkembangan riset dalam HCI tersebut.
Riset
yang dilakukan pada akhir-akhir ini mulai berfokus kepada
jenis-jenispengetahuan pemakai ketika ia menggunakan sistem komputer. Konsep
model mental terhadap sistem adalah topik utamanya. Studi representasi
pengetahuan yang berbasis komputer ini menghasilkan keuntungan-keuntungan
antara lain studi ini bisa menggali basis perilaku teoritis, seperti perilaku
khusus pemakai terhadap tugasnya. Studi jenis ini juga berkaitan dengan
representasi mental.
Dengan
demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanya pada keindahan
tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanya saja, tetapi
juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistem rancangannya dan
fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangan sistem itu harus
memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalam pemakaian, mudah untuk
dipelajari dlsb.
Tujuan
dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman
(safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut
bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas
(utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya
(eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras
dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik
itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga.
Sedangkan
utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat
meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya. Ketergunaan (usability) disini
dimaksudkan bahwa sstem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah
dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.
Perpustakaan
digital
Terkoneksi
secara total bisa menjadi tidak berarti jika semua yang didapatkan oleh
Wikimuers di internet adalah foto-foto panas artis Ayu Azhari. Tetapi
digitalisasi semua pekerjaan manusia yang terakumulasi sudah diproses dengan
cepat sekarang ini. Semua jalur MIT sekarang sudah online dan jika anda belum
pernah melakukannya, lakukan cek di Google Book Search.
Akan tiba
suatu masa bagi kita ketika setiap pertanyaan yang faktual akan dapat langsung
dijawab dengan segera, secara online. Tetapi sayangnya, pertanyaan-pertanyaan
anda di internet biasanya selalu yang gampang-gampang saja, jadi tidak
sebanding dengan kecanggihannya.
Alat
cetak desktop 3 dimensi
Daripada
Anda harus ke toko untuk membeli perkakas yang dibutuhkan, lebih baik Anda
men-download sebuah rancangan perkakas pilihan kita lalu mewujudkannya di dalam
sebuah alat cetak desktop 3 dimensi. Langkah selanjutnya adalah anda mendisain
sendiri perkakas-perkakas, mempost
ing
desain-desain tersebut, menjualnya dan seterusnya. Usaha rumah tangga dalam
bidang pembuatan mainan anak-anak, peralatan dapur, dan barang kerajinan
penghias rumah, yang sering dianggap remeh, sekarang akan menjadi raja!
Pengembangan
secara luas internet nirkabel
Internet
Nirkabel WiMAX
Internet
Nirkabel 3G
WiMAX(Worldwide
Interoperability for Microwave Access=Jaringan mendunia dengan kemampuan
bertukar informasi secara cepat dan baik dengan akses gelombang mikro ), 3G (3
rd Generation), 4G (4 th Generation) dll., adalah teknologi yang mengacu pada
suatu sistem internet nirkabel yang menyebar, semua menjadi terhubung secara
online ke mana-mana, sepanjang waktu, dan berkesinambungan. Hal tersebut
menyiratkan kemungkinan adanya hubungan atau koneksi secara penuh antara dua
alat secara acak. Anda ingin memeriksa atau mematikan alarm di pintu rumah dari
telepon genggam? Itu akan menjadi gampang. Lebih mudah dari pada melepaskan
colokannya secara konvesional.
3 komentar:
tes smile komentar
tes smile :O) :-t
/:)
Posting Komentar